Peraturan Pemerintah Mengenai Motor Masuk Tol.

Jalur Khusus Motor di Tol Jembatan Suramadu - Jawa Timur

News.PolisiOnline.com - Jalan Tol adalah sebuah jalan bebas hambatan yang dibangun peruntukannya untuk kendaraan roda empat atau lebih. artian bebas hambatan disini bukan bebas hambatan dari kata macet namun bebas hambatan dari aspek gangguan kiri/kanan pengguna jalan (seperti pejalan kaki, parkir on road, perilaku orang menyeberang dan lain-lainnya yang dapat mengganggu kelancaran berkendara). Untuk saat ini kendaraan roda dua dilarang untuk memasuki jalan tol kecuali di Jalan Tol Jembatan Suramadu yang diberlakukan adanya kendaraan roda dua yang dapat melintas di jalan tol ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Mengenai Motor Masuk Tol PP No.44 Tahun 2009 yang diteken Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 8 Juni 2009 membolehkan sepeda motor lewat tol bila ada jalur tol khusus.

”Jalan tol dapat dilengkapi jalur jalan tol khusus bagi kendaraan bermotor roda dua yang secara fisik terpisah dari jalur jalan tol yang diperuntukkan bagi kendaraan bermotor roda empat atau lebih”. (PP No 44/ 2009)

Sebelumnya, PP No 44/ 2009 tentang Perubahan PP No 15/2005 soal Jalan Tol dikira sekadar regulasi agar motor dapat lewat Jembatan Suramadu. Namun, ternyata, PP No 44/ 2009 sudah mengatur agak detail soal jalur khusus untuk motor di jalan tol. Pasal 38 Ayat (1a) PP itu berbunyi, ”Jalan tol dapat dilengkapi jalur jalan tol khusus bagi kendaraan bermotor roda dua yang secara fisik terpisah dari jalur jalan tol yang diperuntukkan bagi kendaraan bermotor roda empat atau lebih”.

Mari kita belajar dan samakan Persepsi dari bunyi Pasal yang tertera dalam PP diatas. Jika kita menelaah kalimat tersebut Jalan Tol sebenarnya dapat dilewati kendaraan roda dua jika terdapat jalur khusus yang terpisah dengan jalur roda empat. Mengapa harus terpisah? filosofi yang sederhana, kendaraan roda empat memiliki CC yang yang sangat tinggi dan berbeda jauh dengan kendaraan roda dua, jika jalur kendaraan tersebut tidak dipisah maka yang sangat diperhatikan adalah angin yang akan timbul dari aerodinamis kendaraan roda empat yang berlari dengan kecepatan tinggi kemudian dapat menggoyahkan kendaraan roda dua hal ini tentu sangat berbahaya bagi keselamatan pengendara roda dua.

"Jalan Tol yang memperbolehkan Kendaraan Roda Dua Masuk Tol Saat ini Hanya di Tol Jembatan Suramadu, kerena telah memiliki Jalur Khusus tersendiri bagi kendaraan Roda Dua"

Oleh sebab itu jika memang kendaraan roda dua di izinkan memasuki jalan tol, Namun dari kejadian dilapangan kita dapat melihat beberapa kendaraan roda dua masuk jalan tol diantaranya Motor Gede (Moge) yang leluasa masuk jalan tol dengan alasan CC mereka sama dengan kendaraan roda empat hal itu mungkin sangat bertentangan. Namun beberapa kebijakan Polisi dilapangan menerapkan keadaan situasional contohnya dalam keadaan situasi banjir hebat di Jakarta Polisi mengijinkan kendaraan roda empat masuk jalan tol karena akses jalan mereka lumpuh akibat jalan raya yang tergenang air, keputusan itu bisa kita maklumi demi kemaslahatan masyarakat pada umumnya.

Mari kita belajar bersama mengenai lalu lintas, belajar menjadi orang aktif dan bijak dalam berkendara menyelamatkan orang banyak. 

Salam Polisi Online.86 
Share on Google Plus

ABOUT NEWS.POLISIONLINE.COM

Kabar Berita Polisi - Kabar Berita dari Polisi untuk Indonesia.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar