Tahapan Pembuatan Sim Secara Benar.

News.PolisiOnline.com - Setiap warga negara Indonesia yang baik dan patuh terhadap aturan tentunya setiap pengendara kendaraan bermotor wajib memiliki lisensi tanda kecakapan berlalu lintas yang berupa Sim (Surat Izin Mengemudi). jika anda hendak mengurus Sim ke Kantor Polisi lebih baiknya anda perlu mengetahui tahapan pembuatan Sim secara benar, berikut tahapan-tahapanya.

Memiliki SIM atau surat mengemudi merupakan syarat utama jika kita ingin membawa kendaraan di jalan umum. Kita akan dikenakan pasal 77 ayat (1) yaitu : "Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di jalan yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 77 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 4 (empat) bulan atau denda paling banyak Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah) (Pasal 281 UU No.22 Tahun 2009).

"Sebelum kita akan mengurus pembuatan SIM ini, sudah sepatutnya mengetahui persyaratan yang akan dibawa. Kali ini saya akan memberi informasi cara pengurusan SIM C alias SIM untuk kendaraan bermotor roda 2 ;

  • Kita sudah harus berusia 17 tahun keatas dan sudah memiliki KTP sendiri. 
  • Surat keterangan sehat jasmani dan rohani yang dikeluarkan oleh dokter. Jika tidak sempat, kita juga bisa mengikuti test kesehatan di polsek setempat. 
  • Membayar sejumlah biaya antara lain biaya untuk Pembuatan SIM itu sendiri dan biaya untuk asuransi. (Untuk biaya itu sendiri tergantung dimana kita mengurus pembuatan SIM itu.).
Prosedur pengurusan SIM itu sendir sebenarnya mudah sekali mari kita perhatikan gambar berikut :


"Mari Bersama Hindari Praktek Pungli dan Per-Calo-an di Instansi Penegak Hukum yang Kita Cintai" PolisiOnline.
Share on Google Plus

ABOUT NEWS.POLISIONLINE.COM

Kabar Berita Polisi - Kabar Berita dari Polisi untuk Indonesia.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar