Waspada Modus Curanmor yang sering digunakan.


News.PolisiOnline.com - Curanmor suatu tindakan pencurian kendaraan bermotor yang dilakukan oleh seseorang atau berkelompok. modus mereka tentunya bervariasi tergantung dari situasi semakin berkembangnya teknologi tentu semakin berkembang pula modus para pelaku curanmor. berikut beberapa modus yang perlu kita waspadai dalam memahami modus curanmor :



1. Kunci Letter T.
Dalam melakukan modus curanmor ini yang menggunakan Kunci Letter T biasanya para pelaku memilih kendaraan yang tidak dilengkapi dengan kunci ganda (Key Shutter). hal ini sangat memudahkan para pelaku dalam melakukan aksinya hanya dengan hitungan beberapa detik. Menurut MS (41 th), ia membutuhkan waktu kurang dari 1 menit untuk merusak kunci kontak motor bebek lama. Model lama ini memiliki ciri, rumah kunci tidak terlalu dalam melindungi anak kunci. Dengan kunci letter ‘T’ model pendek dengan ujung tipis, sekali tekan danputar dengan sedikit tenaga, maka anak kunci akan rusak kemudian motor langsung on.



2. Modus Cairan Setan.
Dengan kecanggihan teknologi sekarang, setiap kendaraan sudah memiliki kunci ganda "Key Shutter" tentu hal ini mempersempit ruang gerak para pelaku curanmor, namun mereka tidak habis akal setelah menggunakan Kunci Letter T, sekarang dengan cara menggunakan "Cairan Setan". Cairan ini adalah hasil racikan dari sejumlah bahan kimia yang bisa membuat baja, besi atau alumunium pada kunci motor menjadi terkorosi. “cairan setan diduga kuat kumpulan dari cairan asam. Biasanya, cairan tersebut digunakan untuk analisis kimia atau penelitian di laboratorium dan industri. Tapi, yang jelas ini pasti cairan asam. Ada beberapa jenis yang dimungkinkan digunakan pelaku. Bisa jadi, ini jenis asam nitrat, asam klorida, atau asam sulfat,”

Tentunya ada beberapa tips untuk melindungi kendaraan kita agar tidak diambil curanmor.
Tips :

1. Selalu Waspada.
Selalu budayakan berikap waspada dan peka, banyak sekali para pelaku curanmor tidak memiliki gelagat yang panik namun mereka telah terbiasa dengan situasi mencekam namun memasang muka "Watados" alias Wajah Tanpa Dosa.

Para pelaku sekarang jarang sekali melakukan aksinya pada malam hari karena metode ini sudah terbaca oleh para warga, namun saat ini mereka melakukan aksinya pada pagi, siang atau sore hari dengan cara yang tentunya yang sudah terbaca olehnya karena mereka memiliki tim yang telah melakukan observasi lokasi hingga merencakan aksi pencurian.

Jika aksi tersebut dilakukan pada pagi atau siang hari, tentu warga tidak ada yang merasa sadar atau "engeh" bahwa motor tersebut telah diambil pelaku.

2. Kunci Ganda.
Selalu mengguanakan kunci ganda dimana pun lokasi kendaraan anda berupa kunci stang, kunci "key shutter" dan kunci dengan menggunakan gembok kembali pada roda anda (untuk motor). hal ini akan menyulitkan para pelaku untuk melakukan aksinya.

3. Cantolkan Helm di Jok.
Cara ini memang tidak biasa tapi memberikan sebuah simbol/kode khusus, jika motor dicuri tentunya para pelaku tidak akan sempat untuk merusak helm anda yang telah dicantolan di jok kursi motor anda, seperti yang terjadi di sekitar komplek kami ketika kendaraan melintas ada warga yang melihat helm tersebut masih tercantol di jok motor yang bertanda kendaraan itu dinyalakan tanpa menggunakan kunci yang resmi jika mengguanakan kunci resmi tentunya helm yang berada di cantolkan pada jok motor akan terlebih dahulu dilepas. Itu hanya sebagai triks komunikasi..

Share on Google Plus

ABOUT NEWS.POLISIONLINE.COM

Kabar Berita Polisi - Kabar Berita dari Polisi untuk Indonesia.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Harus di pasangin GEMBOK TAHAN SIKSA seperti ini :
    http://youtu.be/D1PkA0gpNn8

    BalasHapus