Hati-Hati 3 Modus Kejahatan di ATM yang perlu diwaspadai.

Hati - Hati Modus Operandi Kejahatan di ATM

News.PolisiOnline.com - Kecanggihan teknologi telah merubah pola hidup bermasyarakat kita semua, yang dahulu menabung dan mengambil tabungan perlu pergi ke Bank dengan membawa buku tabungan namun kini dengan perkembangan teknologi di dalam perbankan adanya mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM)setiap orang dapat mengambil uang tunai dimana dan kapan pun.

Teknologi meisn ATM bukanlah ciptaan Tuhan yang Maha Sempurna, ATM juga memiliki kekurangan yang dapat di akali oleh Manusia sendiri. Seperti yang dilansir dalam laman Mirror.co.uk, Senin (6/4/2015), terdapat 3 kejahatan terbesar yang bisa mengintai Anda saat sedang menggunakan ATM. Modus operandi ini berlaku di seluruh dunia. Harap baca lebih seksama dan selalu berhati-hati.

3 Modus Kejahatan di ATM "Intip, Skimming dan Strip Magnetik"

Berikut 3 modus operandi kejahatan di ATM yang biasa dilakukan :

1. Intip PIN dari belakang

Ini adalah ketika seseorang berusaha mengintip nomor PIN, melalui belakang Anda yang sedang berusaha mengambil uanng di mesin ATM.

Modusnya, usai bertransaksi, mereka akan mencuri kartu ATM tersebut dan menggunakannya. Ini sederhana, namun sangat efektif menguras rekening bank Anda. Untuk melindungi diri, tapi pastikan Anda menutupi keypad saat memasukkan PIN.

ada pula yang dilakukan seperti kasus yang terjadi di Tangerang, ketika seseorang sedang menggunakan Mesin ATM dibelakang ada yang mengintai namun ternyata setelah uang tunai keluar korban langsung di habisin (pukulin) dan merampas uang tunai tersebut.

2. Skimming

Dengan sebuah proses Skimming. Skimming adalah di mana ada perangkat terhubung ke kartu ATM untuk mendapatkan rincian elektronik dari strip magnetik Anda.

Setelah data anda terekam semua dialat Skimming kemudian mereka membuat tiruan dari kartu itu, kadang-kadang dalam hitungan menit kartu tersebut dapat digunakan dimana dan kapanpun.

Mereka mendapatkan PIN Anda baik dari menggunakan kamera kecil, kadang-kadang bahkan iPod atau ponsel yang tersembunyi pada mesin ATM.

3. Menjebak kartu melalui strip magnetik

Sebuah alternatif untuk skimmings dikenal sebagai 'Lebanese Loop', di mana akan ada strip tipis yang menjepit dalam slot kartu itu. Otomatis, ketika Anda menaruh kartu ke dalamnya, akan menyebabkan ATM menelannya. Para pencuri kemudian mengambil kartu setelah Anda menyerah berusaha untuk mendapatkannya kembali.

Mereka mendapatkan PIN Anda dengan cara yang sama mereka lakukan ketika melakukan penggelapan, tetapi kali ini mereka memiliki kartu asli Anda dengan chip yang terpasang dan dapat menggunakannya untuk apa saja.

Selalu waspada dan hati-hati dalam menggunakan Mesin ATM, harap mencari Mesin ATM yang ramai dari pusat kota atau diantar oleh teman/keluarga. Salam Polisi Online.

Share on Google Plus

ABOUT NEWS.POLISIONLINE.COM

Kabar Berita Polisi - Kabar Berita dari Polisi untuk Indonesia.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. terima kasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat ini. semoga memberikan manfaat bagi pembacanya. saya memiliki artikel sejenis yang bisa anda kunjungi di sini IT GUNADARMA

    BalasHapus

  2. Registrasi Sekarang dan Rasakan Sensasi nya!!!
    Bolavada(.)*com
    BBM : D89CC515
    ADU BANTENG, Sabung Ay*m, Sportbo*k, Pok*r, CEM*, C*PSA, DOMIN*, C*sin*
    www.bandaragenjudi.com

    BalasHapus